Prototype mobil dengan kendali suara karya anak bangsa (T. Elektro UNDIP)

31 12 2009

Temen – temen tau kan, mobil canggih & futuristic yang ada di film – film Hollywood. Klo kita bilang itu hanya mimpi, maka mimpi itu akan jadi kenyataan (karena kita adalah “SANG PEMIMPI”. Btw udah pada nonton belum film “SANG PEMIMPI“?).

Saya bilang gitoe ga sembarangan loh…Pada tanggal 30 Desember tepatnya, lokasinya di Teknik Elektro Universitas Diponegoro, ada presentasi yang saya hadiri, tepatnya saat mata kuliah PSDL (Pengolahan Sinyal Digital Lanjut) yang secara garis besarnya membahas tentang jaringan syaraf tiruan. Ada 6 kelompok yang menampilkan presentasinya. Nah salah satu kelompok yang anggotanya terdiri dari Angga Setiawan, Yusuf Rudyanto, Paskah Hardikardo BN and Adi Nugroho, menampilkan sebuah inovasi teknologi yang akan menjadi cikal bakal mobil dengan kendali suara.

Mereka coba buat teknologi pengendali suaranya, sedangkan bidang otomotifnya asih bantuan temen – temen teknik mesin (maklum, mereka khan anaks elektro. Ayo temen – temen Teknik Mesin, mari bersinergi untuk memajukan teknologi bangsa).

Secara gampangnya, dengan teknologi pengendali suara ini, klo kita bilang “maju”, maka tuh mobil akan maju, klo kita bilang “stop”, maka mobil akan berhenti (tapi klo kita bilang “mandi”, apakah mobil itu akan mandi?, biar tambah kinclong kayak penulis…).

Teknologi pengendali suara ini, terdiri dari dua teknologi yang dimix. First, teknologi pengolahan suara digital. Yaitu teknologi dimana suara kita (khususnya suara saya yang merdu. oh ya, sekedar promosi, dulu penulis pernah punya tim nasyid yang cool abizzz and popular lho, temen – temen Fakultas Teknik UNDIP pazti tau nama tim nasyid itu), diolah menjadi data digital dan diolah. Setelah itu akan dimabil ciri khasnya lalu akan ditindaklanjuti dengan suatu perintah tertentu.

Second, teknologi Jaringan Syaraf Tiruan (JST). Teknologi ini mencoba membuat tiruan cara kerja otak manusia. JST akan semakin pinter klo semakin banyak dilatih atau melakukan pembelajaran (sama kan kyak kamu, semakin banyak belajar semakin pinter). Otak kita yang super canggih itu, akan diadopsi cara kerjanya dengan teknologi ini, sehingga mesin pun akan bisa mikir seperti kita. Misalnya gini, kita bisa membuat computer kita mampu membedakan suara setiap orang, layaknya kita mengenali suara temen kita. Pada teknologi pengendali suara yang dibuat oleh temen – temen kita dari T. Elektro UNDIP ini, dipakai sebuah algoritma pembelajaran Backpropagation. (sudah tau apa itu algoritma Backpropagation????………………………………………………………..ya sudah,,biar Abang jelasin sedikit ajah, biar penasaran dan mau belajar lagi) Algoritma Backpropagation adalah sebuah metode pembelajaran dari JST yang mengumpanbalikkan error yang dihasilkan kembali kedalam system, sehingga error yang dihasilkan akan semakin kecil (silahkan tanya galileo, atau datang ke Ust.Google, jika belum mudeng, boleh juga tanya ke rumput yang gak bergoyang, abiz klo rumput yang bergoyang udah kebanyakan ditanyain orang).

Pokoknya, Bangsa ini apresiatif sekali kepada temen – temen T. Elektro UNDIP atas karyanya. Dan tentunya Bangsa ini, masih menunggu karya ini bisa direalisasikan, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Buat temen – temen yang lain, mari kita teriakkan jargon kita denga penuh SEMANGATTT, “TEKNOLOGI MEMABNGUN NEGERI!!!”

Oh ya, ada lomba yang seru banget  lho …. Lihat juga Kompetisi Website Kompas MuDA – KFC


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: